Logo

Fungsi Google Analytics Untuk SEO

Written by Admin at Selasa, 05 April 2022

Category: SEO


Sistem SEO saat ini jauh lebih dari sekadar menekan beberapa frase keyword pada strategi Anda – berharap ini muncul melalui mesin pencari dengan cepat diindeks dan diberi peringkat untuk situs web Anda untuk mendapatkan manfaat daftar halaman pertama. 

Kami ingin menekankan bahwa statistik yang berasal dari Google Analytics sebenarnya adalah salah satu faktor terpenting dalam menentukan peringkat situs web apa pun 'naik atau turun .

Di bawah ini adalah alasan mendasar mengapa menggunakan Google Analytics untuk kampanye SEO Anda adalah keputusan yang cerdas:

1. Pahami dulu bahwa Google Analytics datang kepada Anda sebagai alat gratis dan digunakan untuk membantu melacak data/informasi tentang cara prospek atau pengunjung berinteraksi dengan situs web Anda.

2. Dalam pelaksanaan kampanye SEO, penting bagi Anda untuk menggunakan Google Analytics dalam melacak kinerja umum keyword yang Anda targetkan sehingga Anda dapat mengalami kampanye yang sukses. Bila digunakan dengan benar, Anda akan dapat mengidentifikasi berapa banyak lalu lintas yang menarik setiap keyword yang ditetapkan ke situs Anda. Menggunakan Google Analytics akan mengungkapkan kepada Anda dunia statistik yang mungkin tidak pernah Anda ketahui tentang pengunjung yang mengunjungi situs Anda.

3. Dan kemudian dalam kampanye pengoptimalan awal, ini akan membantu Anda mengetahui keyword lain apa yang dimasukkan prospek Anda untuk menemukan situs web Anda. Ini akan membantu untuk mengklasifikasikan halaman atau tautan apa yang paling banyak diklik pengunjung Anda. Anda akan dapat mengetahui apakah kampanye pengoptimalan Anda mengarahkan lalu lintas ke halaman yang tepat. Selanjutnya Anda dapat membagi hasil analitik Anda dengan prospek baru atau yang kembali, geografi, dan tautan rujukan.

4. Jadi sementara ini membantu Anda melacak Jumlah pengunjung dan Jumlah pengunjung yang kembali ke situs Anda, ini sepenuhnya menunjukkan kepada Anda berapa lama waktu yang dihabiskan di situs Anda per pengunjung.

5. Dengan dapat mengumpulkan metrik ini , Anda akan dibantu untuk juga memahami rasio pentalan pengunjung situs Anda – yaitu dapat mengetahui mengapa pengunjung dengan cepat meninggalkan halaman situs Anda dibandingkan alasan bertahan di situs selama itu.

Jadi sebagai penulis konten SEO misalnya, Anda akan dapat menyempurnakan situs Anda dengan lebih baik dan menyusun copywriting baru di situs atau halaman blog Anda yang mungkin tidak terkonversi dengan baik. Dan pada akhirnya, ini akan memberi Anda lebih banyak lalu lintas berkualitas dan karenanya memberi Anda lebih banyak klien atau pembaca dalam waktu dekat.

Jadi jika Anda ingin menumbuhkan audiens Anda, gunakan Google Analytics untuk kampanye SEO Anda mulai sekarang dan Anda akan senang melakukannya!