Logo

Cara Belajar Seo Untuk Blog WordPress Bagi Pemula

Written by Admin at Selasa, 12 April 2022

Category: SEO. WORDPRESS


Membangun situs web WordPress dengan sukses tidak cukup. Agar terlihat di halaman pertama mesin pencari, Anda perlu mengoptimalkannya, juga dikenal sebagai optimisasi mesin pencari. Mempelajari SEO WordPress untuk meningkatkan SEO situs WordPress Anda sangat penting untuk mendapatkan peringkat pencarian dan lebih banyak lalu lintas ke situs web Anda.

Sayangnya, sebagian besar tutorial SEO WordPress terlalu rumit untuk dipahami oleh pemula. Jika Anda serius ingin meningkatkan lalu lintas situs web Anda, Anda perlu menggunakan panduan Belajar SEO WordPress yang tepat.

Cara belajar SEO WordPress

Periksa pengaturan visibilitas situs web Anda

WordPress memiliki opsi bawaan yang bertujuan untuk menyembunyikan situs web dari mesin pencari. Tujuan dari opsi ini adalah memberi Anda waktu untuk mengerjakan situs Anda sebelum siap dipublikasikan. Namun, terkadang opsi ini secara tidak sengaja membuat situs web Anda tidak tersedia untuk mesin telusur.

Menggunakan struktur URL ramah SEO di WordPress

URL ramah SEO berisi kata-kata yang menggambarkan dengan jelas konten konten dan mudah dibaca oleh manusia dan mesin telusur. Cara memeriksa dan memperbarui struktur permalink situs WordPress Anda.

Plugin SEO WordPress Terbaik

Salah satu keuntungan memiliki website WordPress adalah tersedianya plugin untuk segala hal termasuk SEO. Namun, ada ribuan plugin SEO WordPress di luar sana yang mungkin menyulitkan pemula untuk memilih plugin SEO WordPress yang tepat.

Memilih Plugin SEO WordPress Terbaik

Dalam memilih plugin SEO WordPress terbaik, ada dua pilihan terbaik dan terpopuler, yaitu All in One SEO (AIOSEO) dan Yoast SEO.

Menambahkan peta situs di WordPress

Peta situs XML, atau peta situs XML, adalah file berformat khusus yang mencantumkan setiap halaman di situs web Anda. Ini memudahkan mesin pencari untuk menemukan semua konten Anda. Menambahkan peta situs XML mungkin tidak meningkatkan peringkat pencarian situs Anda, tetapi akan membantu mesin pencari menemukan dan memberi peringkat halaman Anda dengan cepat. Jangan lupa juga untuk menggunakan jasa backlink murah terpercaya.

Mendaftarkan situs web dengan Google Search Console

Google Search Console, juga dikenal sebagai Alat Webmaster, adalah alat yang disediakan oleh Google yang memungkinkan pemilik situs web untuk melihat bagaimana konten mereka ditampilkan oleh mesin pencari. Google Search Console menyediakan laporan dan data untuk membantu Anda memahami bagaimana halaman Anda muncul di hasil pencarian.

Anda juga dapat melihat istilah pencarian yang digunakan orang untuk menemukan situs Anda, bagaimana setiap halaman muncul di hasil pencarian, dan berapa kali halaman Anda diklik.

Optimalkan posting situs web Anda dengan SEO

Beberapa orang masih membuat kesalahan dengan berpikir bahwa menginstal dan mengaktifkan plugin WordPress SEO sudah cukup. Anggapan ini sangat salah karena SEO adalah proses berkelanjutan yang perlu Anda perbarui secara berkala jika ingin melihat hasil yang maksimal. Plugin SEO yang direkomendasikan sebelumnya AIOSEO dan Yoast SEO memungkinkan Anda untuk menambahkan judul, deskripsi, dan kata kunci fokus ke setiap posting dan halaman blog.

Plugin SEO ini juga dapat menunjukkan kepada Anda pratinjau tentang apa yang akan dilihat orang ketika mereka meng-google situs web Anda. Disarankan agar Anda mengoptimalkan judul dan deskripsi posting Anda untuk mendapatkan klik sebanyak mungkin.

Riset kata kunci untuk situs web Anda

Banyak pemula hanya menebak-nebak topik apa yang dicari orang dan apa yang akan diposting di situs mereka. Perumpamaannya seperti menembakkan panah dalam gelap. Namun, Anda tidak harus melakukannya, karena Anda sebenarnya dapat menggunakan data nyata untuk mengetahui apa yang dicari orang.

Demikian ulasan Cara Belajar Seo WordPress untuk Pemula, semoga bermanfaat.