Logo

Cara Membuat Google Ads Bagi Pemula Yang Sangat Mudah

Written by Admin at Selasa, 12 April 2022

Category: ADS


Google Ads Bagi Pemula, apakah kamu pernah mencobanya? Beberapa orang mungkin memiliki pertanyaan mengapa mereka harus menggunakan iklan. Bahkan, iklan dapat membantu Anda mendapatkan banyak keuntungan. Iklan akan membuat merek Anda lebih dikenal. Periklanan membuat strategi periklanan Anda lebih kuat.

Tak heran jika banyak yang mencoba menjalankan iklan melalui Google Adsense. Apalagi setelah mengetahui apakah promosi iklan tersebut berhasil, Anda bisa mendapatkan penghasilan lebih. Sayangnya, masih banyak yang belum mengetahui cara membuat iklan melalui Google Ads. Berikut beberapa cara yang bisa Anda coba.

Cara membuat iklan di Google Ads dengan memilih jenis iklan

Opsi pertama yang bisa Anda coba adalah memilih jenis iklan Google Ads. Sebelum itu, Anda bisa login terlebih dahulu dan membuka Google Ads. Setelah itu, klik Mulai Sekarang. Jika sudah, maka Anda bisa memilih jenis tampilan Google Ads. Ada 5 jenis tampilan yang perlu diketahui dan dicoba, antara lain:

Search Ads

Salah satu jenis iklan muncul ketika pengguna melakukan pencarian menggunakan kata kunci tertentu.

Display Ads

Jenis iklan ini hadir di situs web berdasarkan beberapa faktor. Dari minat audiens hingga lokasi geografis hingga kata kunci.

Shopping Ads

Jenis iklan Google Ads ini menawarkan berbagai informasi produk. Mulai dari gambar produk, harga, hingga nama penjualnya.

Video Ads

Jenis tampilan keempat ini berupa video. Biasanya muncul ketika Anda membuka video di Youtube.

Universall App Campaign

Jenis iklan ini digunakan untuk mempromosikan sebuah aplikasi.

Saat melihat jenis iklan, Anda dapat memilih jenis yang sesuai dengan tujuan iklan. Setelah itu, Anda bisa memasukkan nama website sebelum menekan atau mengklik menu “Next”.

Cara membuat iklan di Google Ads dengan memasukkan sasaran kampanye

Google menawarkan beberapa tujuan kampanye yang dapat Anda gunakan untuk bisnis Anda. Mulai dari peningkatan penjualan, peningkatan jumlah pelanggan, peningkatan traffic website dan lain sebagainya. Setiap tujuan memiliki misi khusus yang sejalan dengan visi dan misi Anda. Jadi jangan ceroboh dan membuat pilihan yang salah, oke?

menentukan penawaran

Cara lain untuk membuat iklan di Google Ads adalah dengan menetapkan tawaran. Tawaran adalah biaya yang Anda keluarkan saat membuat iklan. Atau bidding juga bisa berarti harga untuk sebuah klik iklan. Ada dua cara yang bisa Anda coba untuk menentukan pilihan.

Pertama, Anda dapat mempercayai Google untuk menghitung nilai per klik itu sendiri. Cara ini dilakukan oleh Google dengan melihat tingkat persaingan. Lihat juga jumlah pengiklan dengan kategori yang sama.

Kedua, Anda dapat memasukkan sendiri jumlah nominal yang ingin Anda bayarkan per klik. Namun, perlu diperhatikan jika ingin mengisinya sendiri. Jika denominasi terlalu rendah, iklan Anda mungkin tidak berjalan. Jika nilai nominal terlalu tinggi, Anda akan kehabisan anggaran biaya.

Penetapan anggaran harian

Cara membuat iklan di Google Ads dapat Anda lakukan dengan menetapkan anggaran harian. Anda dapat mengatur anggaran harian maksimum yang ingin Anda belanjakan setiap hari. Biasanya, anggaran harian bergantung pada biaya per klik dan per kata kunci. Itu juga tergantung pada jumlah klik yang Anda dapatkan dalam sehari.

Jika Anda memilih banyak kata kunci, biaya per klik bisa lebih tinggi. Apalagi ketika jumlah pencarian meningkat setiap hari. Pada awalnya Anda dapat menggunakan anggaran yang lebih kecil.

Menambahkan lebih banyak informasi

Anda juga dapat mencoba membuat iklan dengan menambahkan lebih banyak informasi. Informasi tersebut bisa berupa media sosial, nomor telepon, alamat email, bahkan lokasi usaha. Tujuannya tentu saja untuk meningkatkan jumlah klik pada website. Anda dapat menekan tombol Simpan dan Lanjutkan setelah selesai menambahkan informasi.

Penentuan kelompok sasaran

Ternyata Anda bisa menentukan target audiens untuk membuat iklan. Ini karena Google menyediakan fitur untuk menentukan target audiens. Tentu saja, ini dapat membantu Anda memilih iklan yang sesuai dengan konten dan menarik pengunjung.

Masukkan kata kunci dan buat iklan bergambar

Biasanya, Google menyediakan sekumpulan kata kunci yang relevan dengan merek atau bisnis Anda. Anda dapat memilihnya sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika sudah, tekan menu "Simpan dan Lanjutkan". Anda dapat membuat iklan iklan dengan kata kunci. Buat judul dan deskripsi sebelum melanjutkan.

Siapkan detail penagihan

Saat memasang dan membuat iklan di Google Ads, Anda dapat menyiapkan detail penagihan. Hal ini karena nantinya Anda akan diminta untuk memasukkan informasi billing untuk pembayaran. Namun, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Mulai dari negara, zona waktu, informasi pelanggan, metode pembayaran hingga metode pembayaran.

Biasanya metode pembayarannya otomatis atau manual. Otomatis, maka Anda harus memiliki kartu kredit. Namun jika menggunakan cara manual, Anda bisa melakukan transfer ATM atau mobile banking. Biasanya cara ini memakan waktu antara 2-7 hari.

Selain itu, ada hal yang juga harus Anda perhatikan, yaitu ticking consent. Nantinya Anda akan menerima formulir akun billing iklan. Anda dapat melakukan transfer berdasarkan anggaran harian yang ditetapkan. Misalnya, jika anggaran harian Anda Rp50.000 per hari dan iklan yang Anda gunakan 7 hari terakhir, uang yang ditransfer akan menjadi Rp350.000.

8 Trik Sukses Buat Google Ads Bagi Pemula tersedia untuk Anda jika ingin membuat iklan di Google Ads. Sekarang sudah tidak bingung lagi bagaimana cara menginstalnya? Sudahkah Anda memasang iklan untuk situs web Anda?