Logo

Apa Yang Dimaksud Dengan Link Cloaking Dan Bagaimana Cara Buatnya ?

Written by Admin at Senin, 13 Juni 2022

Category: SEO, Affiliate marketing


Link Cloaking atau Url Cloaking bukanlah istilah umum untuk afiliasi. Karena dengan menerapkan teknik ini, link affiliate marketing menjadi lebih ringkas dan user-friendly.

Affiliate marketing sendiri adalah cara menghasilkan uang di internet dengan menjual produk dan layanan merchant melalui link afiliasi yang kami sediakan.

Pemula mungkin masih bertanya-tanya tentang apa itu link cloaking tautan. Pada pembahasan kali ini, Domainhq akan menjelaskan secara detail apa itu link cloaking dan bagaimana cara membuat URL cloaking dengan plugin Pretty Link.

Apa Yang Dimaksud Link Cloaking Atau Url Cloaking

Cloaking adalah teknik untuk menyembunyikan link target (bisa berupa link afiliasi atau link lain (dengan menggunakan custom URL sesuka Anda), sedangkan URL cloaking adalah link dari proses cloaking itu sendiri.

Penyelubungan tautan biasanya digunakan oleh pemasar afiliasi untuk mengaburkan atau membuat tautan afiliasi mereka tampak lebih ringkas untuk ditampilkan di situs web. Dalam kasus mitra ini, ini sebenarnya bukan penipuan.

Pada dasarnya link affiliasi terlihat rumit atau panjang karena berisi kode pelacakan untuk mengetahui transaksi dari kode affiliasi tersebut. Selain URL yang bersahaja, tautan ini agak sulit diingat kecuali Anda menyalinnya terlebih dahulu.

Jadi, tujuan utama menggunakan penyelubungan URL adalah untuk membuat tautan lebih ringkas, lebih jelas, dan lebih mudah diingat, dan untuk memastikan pengunjung diarahkan ke halaman yang tepat sebagaimana dimaksud.

Manfaat menggunakan Link Cloaking

Selain membuat link yang panjang dan rumit menjadi lebih ringkas dan rapi, sebenarnya masih banyak manfaat lain yang bisa kita dapatkan dari menggunakan URL cloaking. Manfaat penyelubungan tautan meliputi:

1. Kelola tautan afiliasi dengan mudah

Afiliasi biasanya bergabung dengan banyak produk afiliasi sekaligus. Tentu saja, tidak mudah untuk memantau semua tautan ini secara manual.

Selain itu, ada kemungkinan pedagang akan mengubah atau memperbarui tautan afiliasi mereka. Dalam hal ini, tentu saja tidak praktis untuk mengubah tautan ini di setiap pos satu per satu. Belum lagi jika ada postingan yang link-nya belum diupdate.

Tetapi dengan plugin khusus yang mengaburkan tautan afiliasi, mengelola semua tautan afiliasi menjadi lebih mudah karena dilakukan dari satu tempat. Jika tautan target berubah, Anda hanya perlu mengubahnya melalui plugin.

Kelebihan lainnya, Anda juga dapat melacak berapa banyak orang yang mengklik setiap tautan afiliasi Anda. Dengan cara ini, Anda dapat mengetahui jenis produk dan layanan pedagang apa yang paling banyak diminati. Menarik bukan?

2. Meningkatkan RKPT (Rasio Klik Tayang)

Ketika pengunjung mengklik alamat URL, apa yang tercantum dalam alamat URL dapat menjadi faktor penentu pengunjung mengklik link tersebut.

Ketika datang ke tautan afiliasi, terutama yang memiliki kode, mereka sering terlihat mencurigakan bagi pengunjung. Mereka mungkin menganggap tautan itu tidak aman dan tidak mengekliknya.

Selain itu, ada juga beberapa pengunjung yang menolak link afiliasi. Meskipun tautan afiliasi sebenarnya tidak mengurangi nilai produk dan layanan pedagang.

Dengan mengaburkan link yang kita gunakan, juga dikenal sebagai link cloaking, kita bisa menghilangkan keraguan pengunjung ketika mereka mengklik website. Ini karena tautan yang muncul di situs tidak secara spesifik mengarah ke tautan afiliasi rumit yang kami gunakan.

3. Pastikan pengunjung masuk ke halaman yang tepat

Penting bagi pemasar afiliasi untuk memastikan bahwa pengunjung menuju ke halaman yang tepat, mis. H. tidak salah sasaran. Tentu saja, Anda tidak ingin pengunjung pergi ke URL afiliasi orang lain, bukan?

Di sinilah penyelubungan tautan memainkan peran penting. URL yang lebih pendek dan lebih bersih memudahkan calon pembeli untuk membuka halaman yang Anda buka.

4. Hindari pemblokir iklan

Beberapa orang sering merasa tidak nyaman dengan adanya iklan di website yang mereka kunjungi. Karena itu, beberapa pengunjung memilih untuk mengaktifkan plugin atau ekstensi pemblokir iklan seperti AdBlock atau AdBlock Plus.

Ekstensi ini dapat dengan mudah mendeteksi tautan afiliasi dan memblokirnya sehingga pengunjung tidak dapat mengaksesnya. Tentunya hal ini sangat merugikan website Anda karena dapat mengurangi pendapatan afiliasi.

Tetapi dengan penyelubungan URL, tautan afiliasi terlihat lebih alami dan relatif aman daripada AdBlock. Sedangkan untuk iklan banner, Anda bisa mengelabuinya dengan langsung mendownload gambarnya dan menguploadnya ke website.

5. Cegah email agar tidak ditandai sebagai spam

Tidak jarang tautan afiliasi ditandai sebagai spam. Hal ini sering terjadi karena pemasar terlalu agresif dalam mempromosikan link afiliasinya, termasuk melalui email.

Jika Anda menggunakan pemasaran email sebagai salah satu strategi afiliasi Anda, menggunakan penyelubungan URL meningkatkan kemungkinan email mencapai kotak masuk pelanggan dan mencegah mereka masuk ke folder spam.

Cara Mudah Membuat Link Cloaking

Nah, sekarang kita sampai pada langkah bagaimana melakukan penyelubungan URL. Bagi pengguna WordPress, membuat link cloaking dapat dilakukan dengan mudah melalui berbagai plugin cloaking.

Ada beberapa plugin cloaking sendiri, tetapi pertama-tama yang terbaik adalah memilih plugin yang mendukung kriteria praktik penyelubungan tautan di atas dan fitur tambahan yang memudahkan kita untuk melacak/menganalisis, berapa banyak yang mengklik tautan afiliasi kita.

Dengan mengingat kebutuhan ini, beberapa plugin yang direkomendasikan domainhq meliputi:

  • Pretty Link
  • Thirsty Affiliates
  • WP Wizard Cloak
  • WooCommerce Cloak Affiliate Links