Logo

Beberapa Kelebihan Dan Kekurangan Expired Domain Untuk SEO

Written by Admin at Rabu, 20 April 2022

Category: SEO


Istilah expired domain cukup terkenal di kalangan praktisi SEO. Beberapa orang memilih expired domain karena menawarkan sejumlah kelebihan. Namun bukan berarti expired domain tidak memiliki kekurangan. Oleh karena itu, cari tahu lebih lanjut tentang kelebihan dan kekurangan domain expired di artikel ini.

Sebelum membahas pro dan kontra dari expired domain, penting untuk memahami terlebih dahulu apa itu expired domain. Pada dasarnya, expired domain adalah domain yang sudah kadaluarsa dan tidak akan diperpanjang. Ada banyak alasan, misalnya karena proyek sudah selesai atau tidak ada anggaran. Tidak semua domain berkualitas tinggi telah kedaluwarsa, jadi selektiflah saat membeli.

Kelebihan menggunakan Expired domain

expired domain memiliki manfaat yang menarik beberapa praktisi SEO. Keunggulan tersebut membuat expired domain tetap diminati, meski sudah cukup tua. Berikut manfaat dari expired domain yang dimaksud:

  • Anda sudah memiliki peringkat tinggi

Jika domain kedaluwarsa dikelola dengan benar oleh pemilik sebelumnya, domain tersebut akan berperingkat tinggi di Google. Karena tidak semua domain memiliki ranking yang bagus. Cukup sulit menemukan expired domain yang menempati posisi teratas.

Ada baiknya jika seseorang bisa mendapatkan domain expired dengan peringkat tinggi. Dengan begitu, sebagai pemilik baru, Anda tidak perlu repot meningkatkan posisi situs agar tampil di halaman pertama. Sangat tidak disarankan untuk membeli expired domain dengan ranking yang pas-pasan, apalagi di bagian bawah.

  • Tautan balik yang baik dibangun

Manfaat dari expired domain yang banyak diidamkan adalah backlink yang berkualitas. Setiap backlink yang dibangun oleh pemilik lama secara otomatis akan menjadi milik pembeli baru. Backlink yang baik mendukung posisi domain di mesin pencari ketika diaktifkan kembali.

Oleh karena itu, hal pertama yang perlu dilakukan adalah memeriksa backlink. Ada banyak tools yang bisa Anda gunakan untuk menentukan apakah backlink domain expired itu bagus atau tidak. Jika sudah sesuai harapan, pemilik baru tinggal menambahkan atau melakukan sedikit perubahan.

  • Hindari hukuman Google

Domain yang sudah memiliki trafik yang baik, backlink yang berkualitas, dan rangking teratas dapat dianggap oleh Google memiliki track record yang baik. Dengan cara ini, domain kedaluwarsa bebas dari tindakan yang dilarang atau ilegal. Riwayat domain yang buruk memengaruhi peringkat situs web di Google.

Lalu bagaimana jika expired domain tersebut ternyata terkena sanksi oleh Google? Jika Anda ingin mempertahankan domain, banyak upaya diperlukan setelah pengaktifan kembali. Misalnya, edit satu bagian konten pada satu waktu, hapus tautan yang rusak, dan minta Google untuk permintaan pertimbangan ulang.

Kekurangan memilih Expired Domain

Seperti yang telah disebutkan, selain kelebihan domain yang kedaluwarsa, ada juga kerugiannya. Ini juga harus diperhitungkan saat memutuskan apakah akan membeli domain yang sudah kadaluarsa atau tidak. Di bawah ini adalah kerugian menggunakan domain yang kedaluwarsa:

Peringkat Alexa tidak valid

Beberapa orang sering melewatkan mendapatkan domain peringkat rendah. Ternyata tidak semua hasil yang ditampilkan Alexa valid. Ketika expired domain diaktifkan kembali, terkadang menunjukkan peringkat yang buruk. Tentu saja, ini berarti kerugian bagi pemilik baru.

Faktanya, tidak ada cara pasti yang akan memberikan hasil yang valid 100%. Oleh karena itu, merupakan resiko yang harus ditanggung ketika membeli domain yang expired. Meski begitu, hasil Alexa tidak selalu berbanding terbalik dengan kenyataan. Pembeli yang beruntung bisa mendapatkan peringkat sebenarnya sesuai dengan hasil yang ditampilkan Alexa.

Domain dihukum oleh Google

Google akan menghapus domain yang digunakan untuk spamming. Akibatnya, seseorang tidak dapat menemukan domain di indeks Google. Selain dihapus dari mesin pencari, reputasinya pun sudah dianggap buruk.

Jadi jangan lupa untuk mengecek indeks domain di Google. Jika Anda membeli langsung tanpa memeriksanya terlebih dahulu, maka Google akan memasukkan domain tersebut ke daftar hitam setelah aktivasi. Dimungkinkan untuk mengirimkan petisi ke Google, tetapi tentu saja ini sangat memakan waktu dan mungkin tidak akan berhasil.

Kualitas backlink rendah

Dalam membahas manfaat expired domain di atas, disebutkan bahwa backlink berkualitas memiliki manfaat. Sebaliknya, ini terjadi ketika ternyata backlink yang ada tidak bagus. Beberapa situs web menggunakan peternakan tautan untuk mendapatkan tautan balik. Meskipun ada

Domain digunakan untuk hal-hal negatif

Tanpa mengecek isinya, calon pembeli domain expired tidak akan tahu untuk apa domain tersebut digunakan. Tidak jarang expired domain digunakan untuk bisnis ilegal atau tujuan negatif lainnya. Saat Anda membeli expired domain seperti ini, pemilik baru akan terpengaruh.

Beberapa contoh expired domain yang tidak direkomendasikan adalah website yang digunakan untuk menyebarkan pesan HOAX, banyak mengandung konten dewasa, digunakan untuk menyebarkan topik kebencian, bahkan terlibat dalam kasus kriminal seperti prostitusi online atau perdagangan manusia.

Popularitas domain tidak pulih seperti sebelumnya

expired domain yang diaktifkan kembali idealnya disetel ulang oleh Google. Oleh karena itu, jangan berharap untuk segera mendapatkan peringkat teratas meskipun hasil domainnya bagus. Diperlukan setidaknya dua hingga tiga bulan untuk memulihkan popularitas domain. Jadi bersabarlah sedikit untuk mendapatkan hasil yang diharapkan.

Dengan mempertimbangkan manfaat dari expired domain serta kerugiannya, seseorang dapat lebih bijaksana dalam mengambil keputusan. Ingatlah bahwa domain adalah investasi jangka panjang untuk proyek, kampanye, atau merek yang sukses. Jangan sampai salah pilih expired domain karena apapun yang terjadi pada domain tersebut juga akan dirasakan oleh pemilik barunya.