Logo

Apa Fungsi Nama Domain Untuk Sebuah Website?

Written by Admin at Rabu, 20 April 2022

Category: DOMAIN


Kita pasti sering melihat dan menggunakan nama domain untuk mengakses sebuah website. Tetapi tidak banyak dari kita yang mengerti apa arti nama domain. Nama domain ini memiliki beberapa peran penting bagi sebuah website.

Peran apa yang dimainkan nama domain untuk situs web?

Permudah untuk mengingat alamat situs website

Nama domain adalah sistem yang dibuat untuk membantu seseorang menemukan situs web dengan mudah. Sebenarnya sebuah website yang menempati sebuah alamat berupa deretan angka. Namun tentunya hal ini akan sangat menyulitkan pengunjung website untuk mengingatnya.

Untuk membantu pengunjung mengingat alamat situs web, sistem nama domain dibuat. Nama domain ini adalah “topeng” untuk urutan angka yang unik ini. Oleh karena itu, setiap nama domain hanya dikaitkan dengan alamat tertentu. Hal ini memudahkan kita untuk mengingat alamat sebuah website.

Menyediakan Daftar isi

Tentu saja, bagi Anda yang menyukai optimasi SEO, Anda akan mempertimbangkan untuk menggunakan kata kunci utama situs web Anda sebagai nama domain Anda. Meskipun ini tidak berarti banyak, ini dapat membantu Google memahami relevansi kata kunci yang Anda targetkan.

Menggunakan kata kunci sebagai nama domain sangat membantu untuk optimasi SEO ketika menargetkan kata kunci yang sedikit bersaing seperti kata kunci bisnis lokal. Namun hal itu tidak akan terasa jika Anda bermain di persaingan kata kunci yang kuat. Namun, Anda setidaknya dapat menggunakan nama domain untuk mengingatkan orang tentang bisnis Anda.

Merek

Bagi Anda yang menargetkan kata kunci dengan persaingan yang kuat, nama domain umumnya tidak bisa berbuat banyak untuk mendapatkan SEO. Anda dapat menggunakan nama domain sebagai alat branding. Ini sangat mudah. Anda cukup menggunakan nama perusahaan atau nama produk Anda sebagai nama domain website.

Semakin populer produk Anda, semakin kuat otoritas situs web Anda. Ini memungkinkan Anda untuk mengamankan beberapa versi nama domain untuk produk Anda. Beberapa versi ini biasanya ada di beberapa TLD yang berbeda seperti net, biz, online, co dll.

Membangun Reputasi Situs Website

Karena setiap nama domain hanya khusus untuk satu situs web, Anda dapat menetapkan reputasi online untuk nama domain tersebut. Biasanya orang yang melakukan SEO menambahkan otoritas kata kunci ke nama domain yang mereka miliki. Jika Anda kehilangan nama domain itu, agensi akan mengambil alih nama domain Anda juga.

Butuh waktu lama untuk memberikan situs web reputasi ini karena situs web harus mengumpulkan banyak tautan balik dari situs web yang berbeda terlebih dahulu. Semakin banyak backlink yang masuk, semakin baik reputasi nama domain tersebut.

Oleh karena itu, banyak orang yang mengejar domain usang atau nama domain yang sudah kadaluarsa untuk mendapatkan reputasi yang baik dari nama domain tersebut. Anda bisa mengecek expired domain di beberapa website yang menjual nama domain tersebut. Domain aged ini dapat membantu Anda mendapatkan banyak backlink dalam waktu singkat.

Untuk memastikan Anda mendapatkan domain yang kedaluwarsa atau tidak digunakan lagi, sebaiknya lakukan riset terlebih dahulu untuk memastikan situs tersebut cukup relevan dengan konten yang akan Anda buat nanti. Semakin dekat relevansi konten situs web lama dengan yang Anda buat, semakin kuat efek backlink yang masih terkait dengan domain lama yang kedaluwarsa.